Sistem Absensi Dan Laporan Penggajian

Tuesday 21 April 2015

Langkah Pertama Memulai Pemograman Pascal

Salam...,

Dalam sebuah program, Anda harus selalu mematuhi aturan-aturan bahasa. Sebuah bahasa alami memiliki aturan tata bahasa, ejaan dan kalimat konstruksi sendiri. Bahasa pemrograman Pascal adalah bahasa tingkat tinggi yang memiliki aturan sintaks dan aturan tata bahasa sendiri. Ketika Anda pergi bersama dengan pelajaran, Anda harus perhatikan apa yang dapat Anda lakukan dan apa yang tidak dapat Anda lakukan dalam menulis program Pascal. Sebuah program yang sangat sederhana ditunjukkan di bawah ini:

Program Lesson1_Program1;  
Begin   
 Write('Hello World. Prepare to learn PASCAL!!');
 Readln;  
End.

Program ini ditulis hanya untuk menampilkan pesan: "Hello World. Jadi, untuk menampilkan pesan apapun pada layar, Anda harus menggunakan 'menulis' (atau 'writeln'). The 'writeln' pernyataan, di sini digunakan untuk 'berhenti' program dan menunggu sampai pengguna menekan masuk. Jika pernyataan 'Readln' hilang dalam program ini, maka pesan akan ditampilkan pada layar tanpa memberikan kesempatan apapun bagi pengguna untuk membacanya dan jelas perhentian! Coba jalankan program ini dengan dan tanpa 'Readln' pernyataan dan melihat perbedaan. Saya sarankan Anda melihatnya !! Sekarang, lihat ini:

Program Lesson1_Program2;begin
Write('Hello World. Prepare to learn PASCAL!!');Readln;End.

Indentasi adalah suatu keharusan dalam menulis program seperti membantu dalam cara kode ditulis yaitu. Rapi, juga membantu dengan debugging dan kode presentasi. Anda akan perhatikan bagaimana saya indent program.
Sebuah program dalam Pascal selalu dimulai dengan  kata 'Program' setelah judul program. Ada berbagai pembatasan tentang cara menulis pernyataan ini. Di bawah ini adalah contoh sederhana dari sebuah program kecil. (Ingat: Anda dapat menyalin dan menyisipkan program dalam sebuah file teks, simpan file teks sebagai filename.pas dan membukanya dengan Turbo Pascal Ekstensi Pas diperlukan..), Dalam program berikut, komputer harus meminta pengguna untuk memasukkan nomor, maka yang terakhir ditambahkan ke angka kedua masukan oleh pengguna.

Program Lesson1_Program3;
Var      
    Num1, Num2, Sum : Integer;

Begin {no semicolon}
 Write('Input number 1:');
 Readln(Num1);
 Writeln('Input number 2:');
 Readln(Num2);
 Sum := Num1 + Num2; {addition}
 Writeln(Sum);
 Readln;
End.

Sekarang kita harus melihat pada program. Sebuah program dalam Pascal dimulai dengan kata reserved 'Program' (meskipun tidak secara tegas disyaratkan) dan diakhiri dengan 'End', setelah berhenti penuh (ini diperlukan meskipun). Sebuah full-stop tidak pernah digunakan dalam program, kecuali ketika berhadapan dengan catatan (topik kemudian) dan pada akhir program seperti terlihat pada contoh di atas.

Pernyataan 'Var', digunakan untuk memperkenalkan variabel yang cocok yang akan digunakan nanti dalam program. Variabel ini istilah non-konstan sehingga mereka digunakan dalam program untuk menyimpan nilai-nilai. Istilah 'NUM1', 'NUM2' dan 'Sum' dalam program ini adalah variabel yang menyimpan nomor apapun, kecuali yang nyata (pada kenyataannya, selama pelaksanaan program, error dapat terjadi jika angka desimal adalah input). Seperti yang Anda lihat dalam contoh di atas, variabel-variabel ini ditugaskan sebagai bilangan bulat. Istilah 'bulat' berarti setiap jumlah keseluruhan, yaitu nomor yang bukan angka desimal tetapi angka positif atau negatif. Tipe integer berkisar dari -32.768 ke 32767. Jadi nilai-nilai yang tidak berada dalam kisaran tertentu tidak dapat disimpan oleh tipe integer. Ada jenis lain yang lebih luas dalam jangkauan, tapi untuk saat ini tipe integer cukup untuk mengangkat nilai-nilai kita. Variabel 'NUM1', 'NUM2' dan 'Sum' adalah istilah yang tidak dilindungi kata-kata, tetapi dapat digunakan sebagai variabel dalam program untuk menyimpan data di dalamnya. Mereka bisa diubah lebih dari satu kali. Selain itu, saya bisa menggunakan 'number1', 'number2' dan 'totalsum' (perhatikan bahwa tidak boleh ada spasi dalam variabel), bukan 'NUM1', 'NUM2' dan 'Sum', masing-masing. Seperti yang Anda lihat, itu jauh lebih baik untuk memperpendek variabel daripada menulis kata-kata yang panjang, seperti 'variable_number1'.

Setelah mendeklarasikan semua variabel yang dibutuhkan untuk digunakan nanti dalam program, program utama selalu dimulai dengan kata reserved 'Mulai'. Tanpa kata ini, compiler akan menampilkan (pesan kesalahan) diagnostik. Dalam program di atas, kedua dari dua jenis 'menulis' digunakan. Ini adalah 'write' dan 'writeln'. Kedua memiliki fungsi yang sama, kecuali bahwa 'menulis' fungsi, tidak melanjutkan ke baris berikut saat menulis sebuah pernyataan. Jika Anda menjalankan program ini, Anda akan melihat perbedaan antara mereka. Bila menggunakan dua istilah ini, pesan yang akan diketik di antara kurung dan tanda kutip '(' ')', akan ditampilkan di layar. Namun, jika variabel yang digunakan sebagai pengganti pesan, tanpa menggunakan tanda kutip, CPU akan menampilkan variabel yang tersimpan dalam memori, di layar. Sejalan 9, CPU tidak akan menampilkan 'Sum' pada layar, tetapi nomor yang tersimpan dalam memori. Hal penting yang harus diperhatikan adalah titik koma (;). Titik koma digunakan setelah setiap pernyataan dalam program ini, kecuali orang-orang yang akan anda pelajari nanti. Namun, dalam contoh di atas, tidak ada titik koma setelah 'mulai' pernyataan. Hal ini karena aliran program baru saja dimulai dan tidak boleh dihentikan oleh  ';'.

Pesan di antara kurung ({}) disebut komentar atau dokumentasi di-line. Saya kira Anda mempertimbangkan komentar untuk menjadi 'ekstra'. Program yang sangat panjang yang meliputi ribuan baris, telah merasa membutuhkan menggambarkan fungsi-fungsi tertentu atau bahkan fungsi rumit. Dalam pengalaman saya, saya telah bertemu banyak masalah, ketika menolak untuk menulis sebuah program untuk waktu yang lama, dan kemudian melanjutkan lagi menulis itu! Saya telah membuat waktu yang lama mencoba memahami apa yang telah saya lakukan. Anda harus menyimpannya dalam pikiran Anda bahwa komentar dalam kurung tidak membaca atau dikompilasi oleh compiler / interpreter.

Pernyataan 'Readln' adalah kata lain disediakan untuk tujuan input, yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan nomor atau teks saja yaitu: menggunakan keyboard. Tapi dalam kasus kami 'Readln' pernyataan digunakan untuk nomor masukan saja (huruf diterima tetapi akan menyebabkan error run-time karena tidak masukan kita inginkan) dan menyimpannya dalam variabel 'NUM1' dan 'NUM2'. Hal ini karena kedua variabel ditugaskan sebagai bilangan bulat, dan variabel bilangan bulat tidak menyimpan string. Sebuah kesalahan run-time terdeteksi oleh OS (Operating System;. Ex Windows atau Linux) jika ada masalah dengan input. Kemudian dalam kursus, Anda juga akan belajar bagaimana mengontrol input dan output pengecualian - kesalahan runtime tak terduga. Satu hal terakhir pada kesalahan adalah ini: ada 2 jenis kesalahan besar yang - Runtime Kesalahan Kesalahan Kompilasi. Runtime error adalah mereka yang terjadi tiba-tiba selama pelaksanaan program, sedangkan kesalahan Kompilasi adalah salah satu yang terdeteksi selama proses kompilasi. Perhatikan bahwa angka desimal juga dianggap sebagai masukan yang salah; angka desimal tidak boleh masukan, karena merupakan bilangan real (lebih lanjut tentang ini nanti).

Setelah petunjuknya dan masukan oleh pengguna, berikut penambahan. yaitu

Sum: = NUM1 + num2;

Hasil dari pernyataan di atas adalah penambahan nilai yang tersimpan dalam variabel 'NUM1' dan 'NUM2'. Hal penting yang harus Anda ketahui adalah bahwa seseorang tidak bisa membuat pernyataan yang sama sebagai berikut:

Num1 + NUM2: = Sum;


Ini adalah kesalahan sintaks lain. Ini adalah kenyataan bahwa transfer informasi dari kiri ke kanan dan bukan dari kanan ke kiri. Jadi, pikiran untuk tidak membuat kesalahan ini. The ': =' disebut pernyataan penugasan.

Pelajari Juga Tutorial Pemograman Pascal berikut ini;
Menggunakan StringVariabel, Constants dan Assignment Statement Pada Pascal
Salam...,

No comments:

Post a Comment